Kuliner Khas Surabaya Yang Banyak Disukai

Surabaya adalah salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia yang juga merupakan ibukota dari provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya terletak di sebelah utara provinsi Jawa Timur yang memiliki penduduk yang berjumlah sekitar 3,45 juta jiwa. Ibukota provinsi Jawa Timur ini juga merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang memiliki banyak hal menarik.

Salah satu hal yang menarik dari Surabaya adalah berbagai kuliner khas nya yang memiliki cita rasa yang lezat. Berbagai jenis makanan khas dari kota Surabaya banyak disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan daerah di Indonesia. Beragam kuliner khas Surabaya tersebut banyak dijual dan mudah ditemui di berbagai sudut kota yang dijuluki kota Pahlawan tersebut.

Berikut adalah 6 jenis hidangan khas dari kota Surabaya yang banyak disukai oleh berbagai kalangan:

Sate Klopo

Sate klopo adalah salah satu hidangan khas Surabaya yang terbuat dari olahan daging sapi sebagai bahan utamanya. Sesuai dengan namanya, sate klopo dibuat dengan mencampurkan potongan daging dan lemak sapi dengan bumbu olahan kelapa. Kedua bahan tersebut disate dan kemudian di bakar hingga matang kemudian disajikan bersama dengan bumbu kacang dan lontong.

Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan hidangan khas dari kota Surabaya yang cukup mudah ditemui di berbagai tempat di kota Pahlawan tersebut. Dalam bahasa Jawa, cingur merupakan sebutan untuk bagian moncong sapi yang menjadi bahan utama pada makanan ini. Seporsi rujak cingur terdiri dari potongan cingur, berbagai sayuran, dan lontong yang disiram dengan bumbu rujak ulek serta ditambah kerupuk.

Lontong Balap

Lontong balap adalah olahan lontong khas dari Surabaya yang menjadi salah satu ikon kuliner dari kota tersebut. Hidangan ini terbuat dari lontong sebagai bahan utamanya yang diberi tambahan bahan lain yaitu taoge, tahu, dan lentho. Setelahnya, berbagai bahan tadi disiram dengan kuah kental lalu ditambah taburan bawang goreng dan sate kerang serta sambal petis.

Lontong Kupang

Lontong kupang merupakan jenis hidangan lontong yang juga merupakan kuliner tradisional khas dari Surabaya selain lontong balap. Sama seperti lontong balap, lontong kupang merupakan sajian lontong yang diberi kuah dan bahan makanan lainnya dalam penyajiannya. Satu porsi lontong kupang terdiri dari potongan lontong, kerang kupang yang sudah dimasak, dan disiram dengan kuah petis.

Rawon

Rawon adalah salah satu kuliner berkuah hitam pekat khas Surabaya yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Kuliner ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan kuah yang terbuat dari kluwek serta berbagai bumbu rempah lainnya. Biasanya rawon disajikan bersama nasi putih, taburan tauge, dan sambal terasi serta pilihan lauk seperti telur asin atau perkedel.

Semanggi

Semanggi merupakan salah satu jenis pecel khas dari Surabaya yang menggunakan daun semanggi sebagai salah satu bahan utamanya. Hidangan ini biasanya dihidangkan bersama beberapa jenis bahan makanan lainnya seperti kangkung, tauge, kerupuk uli dan disiram bumbu pecel. Bumbu pecel pada semanggi biasanya terbuat dari kacang tanah, ketela rambat dan gula merah sehingga memiliki rasa yang khas.

Keenam jenis kuliner tersebut merupakan beberapa makanan khas Surabaya yang mudah ditemui dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Beragam jenis makanan tersebut bisa dibuat dengan beragam alat pengolah makanan modern yang banyak dijual di toko mesin pengolah makanan. Selain itu, penggunaan alat pengolah makanan modern membuat kualitas makanan lebih terjaga ketika membuat dalam porsi yang banyak.