Budidaya Si Pintar Burung Beo

Budidaya Si Pintar Burung Beo

Satu keunggulan burung beo adalah kemampuannya untuk meniru suara dengan benar. Kemampuan ini dinilai memberi kesan lucu pada burung pintar ini

senapananginpedia.com

Selain itu, burung beo juga memiliki keunikan lain, yaitu bentuk tubuhnya. Sebuah tubuh besar dengan bulu ekor yang panjang, membuat burung ini terlihat indah.

Banyak hal yang perlu dilakukan sebelum membudidayakan burung beo. Untuk keberhasilan budidaya yang dilakukan untuk mengetahui karakteristik burung beo itu sendiri.

Burung Beo (Gracula religiosa) adalah spesies burung yang hidup di dataran tinggi. Burung itu ditemukan secara luas di Sri lanka hingga ke Indonesia.

Sebagai penduduk hutan basah, burung ini suka makan buah-buahan. Untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuhnya, burung-burung ini juga makan berbagai jenis serangga.

Menurut senapananginpedia.com di alam liar, burung beo juga memainkan peran dalam reproduksi makhluk lain. Beo sering menjadi pemencar biji di hutan, jadi ekosistem tetap terawat.

Langkah awal dalam budidaya burung beo adalah persiapan dari kandang. Kandang harus dibuat senyaman mungkin dan tentu saja dengan bahan sekuat mungkin.

Buat tempat yang nyaman dengan kondisi kurungan ini tetap bersih. Perlu dilakukan membersihkan kandang secara teratur dari semua kotoran yang ada.

Tahap berikutnya adalah proses pencocokan. Seperti manusia, burung beo juga perlu tahu mitra mereka sebelum menikah.

Pencocokan dilakukan pada prospektif kebakaran berusia minimal 12 bulan. Api prospektif dipertandungkan dengan sering mengumpulkan 2 kandidat dalam 1 kandang.

Setelah sepasang burung beo siap, kemudian proses stocking di kandang dapat dilakukan. Dalam satu kandang tidak boleh menempatkan terlalu banyak pasangan. Terlalu banyak pasangan itu akan menyebabkan perkelahian.

Burung beo jenis yang cukup teritorialnya. Oleh karena itu, burung-burung ini rentan untuk berkelahi satu sama lain.

Jauhkan kandang jauh dari pusat kebisingan sehingga budidaya burung beo berjalan lebih baik. Sebuah lingkungan berisik akan membuat burung beo mudah stres dan tidak ingin menikah.