Belajar Agama Islam

Belajar Agama Islam

Pernahkah kita tafakur atau merenungkan tentang kehidupan kita selama ini, apakah ilmu agama yang kita pelajari selama ini sudah bisa di amalkan atau hanya teori belaka, lebih jauh lagi pertanyaan apakah ilmu agama yang kita punya sudah sesuai dengan yang di contohkan oleh Rasullulah Salallahu Alaihi Wassalam dan para sahabatnya.

Sebelum meneruskan membaca ada baiknya kita baca dulu doa sebelum belajar, agar bahasan kita menjadi berkah dan bermanfaat.

Jika anda menjawab ilmu saya bermanfaat dan ilmu agama saya sudah cukup membuat saya lebih baik, maka itu tanda bahwa anda adalah orang yang merugi dan sombong, karena kalau mau jujur ilmu agama yang kita punyai sangat sedikit sekali, walaupun seorang ulamapun pasti akan mengatakan ilmu saya belum seberapa.

Karena mereka tahu bahwa ilmu agama ini tidak bertepi, makanya ada keterangan yang menyebutkan bahwa wajib hukumnya bagi setiap muslim untuk menuntut ilmu agama. Sedangkan banyak dari kita belajar agama hanya saat sekolah saja, dari sd, smp sma dan perguruan tinggi, setelah itu stop belajar.

Belajar Agama Islam Adalah Kewajiban

Seperti di singgung di atas bahwa kewajiban seorang muslim adalah belajar agama islam sampai ajal menjemput, karena ilmu islam tidak akan habis untuk di pelajari, jadi jangan merasa cukup dengan ilmu yang ada pada kitapada saat ini.

Inilah pentingnya kita menuntut ilmu agama, karena ilmu agama akan membawa kita kepada ketaatan kepada ALLAH yang akibat dari ketaatan adalah kita mudah untuk beramal sholih dan mudah untuk meninggalkan dosa dan maksiat.

jadi belajar agama islam itu bukan hanya belajar tentang fiqih saja, tapi banyak lagi seperti aqidah, muamalah, ahlak dan juga hadist, yang mana ilmu ilmu ini akan menjadikan seorang muslim menjadi muslimyanh kafah, yaitu menjalankan agama secara keseluruhan.

Metode Belajar Agama

Metode dalam belajar agama adalah mulai dengan hal dasar tentang agama ini, pertama kewajiban kita adalah mengetahui dengan jelas aqidah kita, Pelajaran aqidah adalah pelajaran utama yang harus di kuasai oleh seorang muslim,aqidah ini menyangkut rukun iman yang benar sesuai dengan pemahaman para salaf.

Kedua adalah mempelajari tentang ilmu fiqih yang wajib, kuasai ilmu fiqih yang wajib sesuai dengan pemahaman para salaf, agar ibadah kita di terima, karena syarat ibadah di terima adalah ikhlas dan sesuai contoh Nabi Muhammad Sallalahu Alaihi Wassalam.

Pelajari ahlak yang mulia, dengan cara mempelajari ilmu muamalah, bagaimana hubungan kita dengan kerabat, tetangga dan mahluk yang ada di bumi secara keseluruhan, karena islam ini adalah agama yang sempurna yang mengatus segala sesuatunya berdasarkan panduan wahyu Ilahhi.

Dimana Tempat Belajar Agama

Untuk menuntut ilmu agama yang sempurna dan afdhol adalah dengan berguru secara langsung kepada ahli ilmu atau ustadz, bisa dengan mendatangi majelisnya atau bisa juga dengan silaturahmi ke rumahnya, ini sebagaimana yang di jalankan oleh para geerasi terbaik dari umat ini, yaitu, sahabat, tabiin dan tabiut tabiin.

Tapi kalau kesibukan kita yang saat ini sangat tinggi, maka saat ini banyak sekali media online yang bisa kita gunakan untuk belajar agama islam, seperti website, blog maupun video, tapi untuk mempelajari agama via online ini kita harus pandai memilih mana ilmu yang bisa kita ambil dan mana ilmu yang harus kita tinggalkan.

Karena keberadaan website islami maupun video islami di youtube bisa di buat oleh siapa saja, jika salah memilih maka akan salah juga ilmu yang kita pelajari. Halyang paling gampang untukbelajar online adalah dengan mengetahui siapa di balik website atau konten video tersebut.

Jika dibalik website tersebut adalah orang orang liberal maka sebaiknya tinggalkan karena akan merusak aqidah kita, pilihlah website yang sudah terpercaya, seperti muslim.or.id, rumaysho.com dan nu.or.id.

Satu lagi website islami yang terpercaya dan mudah untukmenyerapilmu yang disampaikannya adalah https://penaungu.com, inilah website penuntut ilmu yang menggunakan bahasa mudah di cerna untuk kaum umum atau awam.